Exchange Ideas , Share Knowledges

Matematika Untuk Apa?

Matematika sering menjadi momok pelajaran yang menakutkan bagi kebanyakan siswa. Bahkan bagi orang-orang yang tidak menyukai matematika bisa muncul pertanyaan semacam, “Matematika untuk apa?”

Sebenarnya sudah lazim diketahui pula bahwa matematika memiliki banyak manfaat. Hingga saat ini pun penelitian dalam bidang matematika tidak pernah berhenti memberi hasil-hasil mengejutkan yang mungkin manfaatnya tidak bisa dirasakan dalam waktu dekat, tetapi suatu saat nanti di masa depan.

Penelitian di bidang matematika bisa dikategorikan menjadi dua kelompok berdasarkan motivasi penelitian tersebut, yaitu penelitian yang didorong oleh aplikasi matematika di bidang ilmu lainnya dan penelitian yang termotivasi pengembangan bidang matematika itu sendiri. Kelompok pertama lebih dikenal sebagai matematika terapan dan kelompok kedua biasa disebut dengan matematika murni.

Matematika sangat dekat manfaatnya dengan kehidupan kita sehari-hari meski kadang kita tidak merasakannya. Pengetahuan matematika yang awalnya terlihat tidak ada gunanya seperti ini di kemudian hari dijumpai ternyata dibutuhkan di bidang ilmu lainnya. Ibaratnya seperti orang-orang yang membangun pagar tembok semaunya yang satu sama lain tidak saling bertegur sapa tapi kemudian beberapa tembok saling bertemu dan memotong tanpa sengaja.



Referensi : ebook Majalah 1000 Guru.
0 Komentar untuk "Matematika Untuk Apa?"

Back To Top